Meniti sukses dalam bisnis pulsa

Menjadikan hari esok lebih baik dari hari ini adalah sebaik-baiknya manusia. Demikian sebuah filosofi yang agung yang mendasari seluruh aspek kehidupan manusia di muka bumi ini, tidak terkecuali dalam bisnis pulsa.

Karir ternyata tidak hanya dimonopoli dalam sebuah lembaga, akan tetapi juga bisa diterapkan dalam bisnis pulsa. Awal karir bisnis pulsa adalah menjadi agen penjual pulsa dan level tertinggi adalah menjadi distributor pulsa. Sebuah bisnis yang kokoh diawali dari nol dengan modal yang seadanya. Jika anda memulai sebuah bisnis dari nol, dalam perjalanan waktu anda akan banyak mempunyai pengalaman, menghargai setiap sen rupiah yang anda kumpulkan, dan lebih cermat dan teliti dalam menentukan sebuah kebijakan. Bagaimanapun guru yang terbaik adalah pengalaman.

Untuk memulai bisnis pulsa, tidak diperlukan modal yang besar utamanya dalam all operator voucher tronik. Anda cukup mempunyai hp dan modal Rp. 50.000,- maka bisnis anda siap untuk dimulai yaitu sebagai agen. Agen beroperasi dengan menjual pulsa secara langsung ke konsumen. Evaluasi persaingan di tempat anda berjualan wajib diperhitungkan. Lihat persaingan harga jual di wilayah anda. Ikuti harga pasar yang berlaku di daerah anda, jangan lebih atau dikurangkan. Untuk menjadi penjual pulsa (agen) yang dipercaya oleh konsumen di wilayah anda, anda harus mengutamakan pelayanan. Pelayanan berupa keramahtamahan tehadap konsumen, menerima komplain dengan terbuka dan rendah hati, dan cepat dalam bertransaksi. Cepat dalam bertransaksi diterjemahkan sebagai kecepatan tangan anda mengeksekusi kode pulsa ke sms center dan kecepatan distributor mengeksekusi  sms transaksi anda. Untuk kecepatan tangan bisa anda latih, seiring dengan berjalannya waktu harusnya anda akan lebih cepat dan ini pasti lebih baik. Kecepatan distributor sepenuhnya adalah bergantung dari pilihan anda mendaftar dimana. Khusus di Sumafone, kami memang mengutamakan kecepatan transaksi sebagai cetak biru berdirinya distributor. Beberapa yang lain mungkin lebih mengutamakan harga murah. Bagi kami lebih baik transaksi lancar dan harga bersaing daripada harga murah transaksi agak tersendat. Sepenuhnya pilihan distributor adalah hak anda. (Baca identifikasi distributor dan jual murah vs jual bersaing)

Jika anda telah mampu menjadi agen dengan transaksi per hari mencapai 30-50 kali, maka anda harus memikirkan untuk berevolusi menjadi Dealer. Dealer nantinya membawahi beberapa agen yang terikat dengan peraturan yang anda buat. Modal dealer bisa dimulai pada kisaran 1-2 juta. Tentu akan lebih baik jika modal lebih besar, tetapi yang terpenting adalah perputaran uangnya. Jika anda punya 10 juta dan hanya mampu memutar uang 2 juta per hari, tidak lebih baik dari modal 2,5 juta dengan perputaran 2 juta per hari. Dalam bisnis perputaran adalah yang terpenting. Dengan menjadi dealer pulsa, anda akan memperoleh pendapatan lebih yang diperoleh dari mark-up harga ke agen anda, sehingga setiap transaksi agen anda mendapat komisi sebesar mark-up yang anda buat. Untuk menjadi dealer, sama halnya seperti agen, juga harus punya ciri khas. Anda harus punya brand atau motto. Misalnya : harga grosir murah, transaksi lancar dan cepat, aman valid terpercaya, fast valid safe friendly dan lain-lainnya yang disesuikan dengan kondisi yang real/nyata ada dan tidak menipu.

Sukses jadi Dealer, anda mulai pertimbangkan menjadi master dealer. Anda akan membawahi dealer-dealer. Tentu ini membutuhkan modal  yang lebih besar. Untuk master dealer, harga grosir yang diberikan ke dealer berikan sama dengan yang anda peroleh dari distributor. Bagaimana anda mendapat untung? Anda harus melakukan negosiasi dengan distributor untuk mendapat fee per transaksi. Biasanya distributor akan membuka pintu negosiasi jika anda telah terbukti menjadi dealer yang berprestasi yang ditunjukkan oleh jumlah transaksi harian anda dan agen-agen anda. Minta fee sekian rupiah per transaksi. Dan fee itulah nantinya sebagai laba anda sebagai master dealer. Anda bisa saja minta fee dan tetap memark-up harga dealer, akan tetapi ini tidak bermanfaat buat dealer karena harga grosir mereka tidak menjadi lebih murah. Lantas berapa rupiah mereka harus memberi harga grosir agen-agen mereka? Kestabilan harga harus anda jaga benar dalam bisnis ini.

Tahap terakhir menjadi distributor itu sendiri. Anda sudah punya jaringan, ini adalah modal yang sangat berharga. Dengan menjadi distributor anda akan punya keleluasaan dalam memberi harga grosir, karena anda adalah pemiliknya. Modal distributor adalah mempunyai server pulsa dan modal untuk kulakan produk. Anda bisa lepas dari distributor langganan anda dulu atau malah tetap bekerjasama yaitu sebagai mitra, tidak sama tinggi, tidak sama rendah. Server pulsa menjadi titik terpenting dalam jenjang ini. Jika server bagus, jaringan anda akan terawat. Server yang bagus selalu dicitrakan dalam transaksi yang cepat dan lancar. Masalah cari produk yang murah tergantung kelihaian anda dalam negosiasi. Produk bisa anda beli langsung di Provider (Dealer M-Kios, M-Tronik, Dompet pulsa, dll) atau jika anda terbatas modalnya bisa host to host (h2h) dengan distributor lain.

Semua bisnis butuh usaha, kerja keras, modal. Jangan bermimpi mendapat uang mudah tanpa kerja keras. Kerja keras disertai keuletan, ketangguhan, ketelitian,  dan kebengalan dalam arti positif. serta strategi yang benar. Kerja keras juga harus disertai dengan do'a dan tawakkal. Semua aspek harus dilibatkan.




0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More