Takdir

1. Takdir berasal dari kata qodar, artinya seperti pada QS. Al-Qomar: 49


Sesugguhnya Kami telah menciptakan segala sesuatu menurut ukurannya


2. Penciptaan manusia dalam rahim ibu
HR. Bukhari Muslim: “Sesungguhnya salah seorang di antara kalian dikumpulkan dalam rahim ibunya selama 40 hari, kemudian menjadi segumpal darah seperti itu, kemudian menjadi segumpal daging, kemudian diutus kepadanya malaikat yang diperintahkan 4 hal, untuk menetapkan baginya rejeki, ajal dan amalnya, apakah sengsara atau bahagia. Demi Allah, yang tiada Illah selain-Nya, bahwa seorang di antara kalian akan mengerjakan amalan penghuni surga sehingga jarak antara dia dengan surga hanya satu hasta, lalu ketetapan (takdir) Allah mendahuluinya sehingga dia mengerjakan amalan penghuni neraka , maka dia pun masuk neraka. Dan sesungguhnya salah seorang di antara kalian akan mengerjakan amalan penghuni neraka sehingga jarak antara dia dengan neraka hanya satu hasta, lalu ketetapan (takdir) Allah mendahuluinya sehingga dia mengerjakan amalan penghuni surga , maka dia pun masuk surga”.

3. Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah
HR. Tirmidzi: “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Orangtuanya menjadikannya Yahudi, Nasrani atau musrik”.

4. Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do’a
HR. Tirmidzi: “Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali do’a, dan tidak ada yang menambah umur kecuali kebaikan”.

5. Amal perbuatan tergantung pada akhirnya, yang terbaik adalah menerapkan amal sholeh, kemudian meninggal dalam mengerjakannya.
6. Hati itu berada di antara jari-jari Allah, maka kembalikan semua pada Al-Qur’an dan As-sunnah.


▼ Takdir manusia ditentukan ketika dalam rahim, baik itu tentang rejeki, amal, ajal, dan nasib. Tidak ada yang dapat menolak takdir, kecuali do’a.


Sumafone all operator voucher tronik 24 jam non-stop

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More