Jenis-jenis bisnis online

Seperti garis besar, bisnis online dibagi dalam 2 kelompok besar, yaitu reseller dan affiliasi.

Bisnis reseller yaitu suatu usaha yang legal untuk memperoleh keuntungan dengan cara membeli barang/jasa dan kemudian dijual kembali. Sebagai contoh nyata adalah bisnis pulsa sebagai mitra agen sumafone. Anda harus membeli produk kami terlebih dahulu, dengan melakukan deposit pulsa sehingga anda mendapat produk pulsa harga agen (grosir), dan kemudian anda menjualnya kembali ke konsumen dengan harga eceran atau bisa juga menjualnya ke agen yang didaftarkan oleh anda dengan harga agen (mark up grosir atau dengan kata lain anda bertransformasi menjadi dealer jika telah punya agen-agen).

Bisnis affiliasi adalah suatu usaha yang legal untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjualkan barang/jasa milik pihak lain dan memperoleh komisi dari produk/jasa yang terjual tersebut. Contoh: Anda mempromosikan sebuah web hosting, misal di Rumah web. Ketika seseorang yang anda tawari tertarik dengan promosi anda dan membeli paket hosting di Rumah web, maka anda akan mendapat komisi sekian rupiah dari Rumah web atas usaha yang anda lakukan.

Yang menjadi pertanyaan "Manakah yang lebih menguntungkan, menjadi reseller atau affiliasi?"  Tentu reseller akan lebih menguntungkan secara pendapatan yang didapatkan dari setiap item produk/jasa yang terjual. Akan tetapi, resikonya juga tinggi, karena produk itu sudah menjadi milik anda dan tidak bisa dikembalikan ke produsen. Affiliasi secara pendapatan akan lebih kecil dibandingkan reseller, akan tetapi jika barang/jasa tidak terjual, maka produk/jasa bisa dikembalikan ke produsen karena pada dasarnya di affiliasi, barang/jasa itu dititipkan ke anda untuk dijualkan. Jadi jika ingin untung besar harus menanggung resiko yang besar, dan sebaliknya. Lantas, apakah ada bisnis yang untung besar dengan resiko kecil?

Jawabannya ada, yaitu bisnis pulsa (misal bisnis pulsa sebagai mitra sumafone). Bisnis pulsa bersama all operator sumafone sangat kecil resikonya dan besar keuntungannya. Berbeda dengan jualan makanan, minuman, baju, sepatu, dan lain-lain yang sangat dibatasi dengan waktu dan tren sehingga ada istilah kadaluarsa, maka bisnis pulsa bersama sumafone tidak ada masa kadaluarsanya. Deposit yang anda lakukan di sumafone berlaku selamanya, tidak ada istilah hangus-hangusan. Dan enaknya, hanya dengan satu hp apakah gsm/cdma, anda dapat mengisi ulang pulsa semua operator. Misalnya kartu anda starone, anda bisa mengisi starone, simpati, xl, esia dan lain-lain. Transaksi pun bisa dilakukan 24 jam, termasuk layanan komplainnya. Jadi bisnis pulsa bersama sumafone sangat rendah resikonya.

Keuntungan besar dari bisnis pulsa dapat anda peroleh karena anda langsung mendapat harga grosir sumafone, yang harganya sangat jauh dari harga pasar lain dan bahkan bisa dipersaingkan dengan harga grosir distributor lain. Misalnya pulsa Simpati nominal 5.000 per November 2009 adalah 5.300, anda bisa menjualnya kembali dengan harga 6.000, 6.500, atau 7.000 sesuai dengan harga eceran di tempat anda. Sekian rupiah perbedaan harga grosir dan eceran adalah pendapatan kotor anda. Coba bayangkan berapa pendapatan yang anda dapatkan jika dalam sehari saja terjadi 20 transaksi isi ulang pulsa. Sangat berprospek bukan? Untuk tahu strategi marketing yang kami rekomendasikan untuk mendongkrak penjualan  pulsa anda bisa diihat di sini.








0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More