Teknologi GSM 1x



GSM1x dikembangkan oleh Qualcomm, perusahaan pemegang lisensi atas teknologi CDMA, dengan memanfaatkan jaringan inti (core networks) GSM sebagai jaringan utamanya, dan memanfaatkan BTS (Base Transceiver Station) dari CDMA 2000-1x sebagai interface ke handset (ponsel) pelanggan. Seperti diketahui bahwa keunggulan GSM adalah dari jangkauan area yang luas, sementara CDMA justru memiliki jangkauan area yang lebih sempit, namun unggul pada sisi kapasitas bandwidth yang lebih besar dan efisiensi spektrum frekuensi.


Dengan mulai diperkenalkannya ponsel CDMA 2000 yang menggunakan kartu SIM seperti pada GSM, yang pada CDMA 2000 dikenal dengan nama RUIM, maka hal ini menjadi pendorong konvergensi (penggabungan) menuju GSM1x. Karena slot pada RUIM sama dengan slot pada kartu SIM, maka pelanggan dapat saja menggunakan ponsel CDMA 2000-1x yang memiliki slot ini dan memasukan kartu SIM GSM. Dengan begitu, dapat digunakan sebagai ponsel GSM1x dengan beberapa software upgrade secara otomatis dari operator GSM atau CDMA saat pertama kali dihidupkan.


GSM1x pertama kali didemonstrasikan saat 3GSM World Congress di Cannes, Perancis, Februari 2002 lalu dengan kemampuan data sampai dengan 153 Kbps dan telah siap sebanyak 92 juta chip CDMA 2000-1x sebagai komponen utama ponsel dan BTS-nya sampai dengan Maret 2003.


GSM1x diperuntukkan bagi operator GSM yang ingin menggelar aplikasi 3G namun memiliki keterbatasan baik dari segi dana investasi maupun bandwidth operasi. Untuk penggelaran 3G, operator GSM harus menyiapkan investasi bagi penyediaan bandwith sebesar minimal 10 MHz dan ini harus menggunakan pita operasi baru direntang pita UMTS (sebuah versi GSM untuk 3G). Karena itu, dibutuhkan tambahan biaya untuk mendapatkan band UMTS ini, yang diperoleh dengan cara lelang yang dilakukan oleh regulator.


Komponen dalam GSM1x antara lain :
  1. Handset
    • Single-mode CDMA2000 1X dengan antarmuka RUIM
    • Multi-mode multi-band GSM/CDMA2000 1X dengan antarmuka RUIM 
  2. RAN (Radio Access Network)
    • BTS dan BSC standard CDMA2000 1x 
    • 1xEV-DO RAN (opsional untuk pelayanan data kecepatan tinggi)
  3. MSN (Mobile Switching Network)
  4. Jaringan GSM yang telah ada
    • GMSC (Gateway MSC) dimana MSC berperan untuk inter koneksi hubungan pembicaraan, baik antar pelanggan selular maupun antar selular dengan jaringan telepon kabel PSTN, ataupun dengan jaringan data
    • HLR (Home Location Register) yang berfungsi untuk penyimpan semua data dan informasi mengenai pelanggan yang tersimpan secara permanen, dalam arti tidak tergantung pada posisi pelanggan dan AuC (Authentication Center) untuk keperluan pemeriksaan validasi pelanggan
    • SMSC (Short Message Service Center) dan SCP (Service Control Point)
    • Sistem Prepaid/Billingcustomer care dan order handling systems
    • Sistem OAM&P (OperationsAdministrationMaintenance, dan Provisioning)



Gambar: Komponen pada GSM 1x




Setelah kita mengetahui komponen-komponen yang terdapat pada teknologi GSM1x, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh teknologi ini, yaitu :
  1. Keunggulan dalam hal teknologi
    • Peningkatan kualitas suara lebih jernih dibandingkan teknologi GSM atau CDMA
    • Peningkatan kecepatan transfer data
    • Jangkauan area lebih luas dengan memanfaatkan BTS GSM yang sudah tersedia dalam jumlah yang banyak pula dan tersebar diseluruh nusantara
    • Global roaming antar GSM dan CDMA
  2. Keunggulan dalam hal bisnis
    • Menggunakan jaringan intiGSM yang sudah ada
    • Menggunakan tarif CDMA yang lebih murah





Gambar: Teknologi GSM 1x
Kesimpulan



GSM1x dapat dikatakan sebuah lompatan bagi operator GSM yang ingin menggelar layanan wireless generasi ketiga (3G).  GSM1x memiliki banyak keuntungan, karena menggabungkan kelebihan GSM yang cukup handal dalam aplikasi-aplikasinya dan kelebihan CDMA yang memiliki kapasitas lebih besar dan efisien dalam operasi frekuensinya. Kehadiran teknologi ini merupakan terobosan untuk menyajikan pelayanan telekomunikasi yang murah dan dengan daerah jangkauan yang lebih luas.


Sumber: PUSTEKKOM

Sumafone all operator voucher tronik 24 jam non-stop



0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More