Tips memilih Modem dan Operator Seluler buat Online

Online nyukkk!!!
Online sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi bagi kaum profesional sekarang. Dengan Online, kenyataannya cost bisa lebih ditekan sementara relasi bisnis tetap berjalan lancar. Bukan hanya bagi profesional, virus Online juga telah dan akan terus berkembang di sebagian besar anak muda. Facebook, twitter, dan chatting seolah-olah sudah menjadi menu sehari-hari yang tidak boleh terlewatkan. Hal tersebut wajar mengingat aktualisasi diri adalah penting agar tidak kuper terhadap perkembangan zaman dan arus informasi yang begitu cepat.

Permasalahan mulai timbul ketika keinginan yang kuat untuk aktualisasi itu terbentur dengan biaya tranfer data yang mahal. Dua atau tiga tahun yang lalu, untuk online kita harus pergi ke warung internet dikarenakan biaya yang mahal jika online via handphone atau modem. Internet pada kurun waktu itu masih mahal. Kini tarif sudah berubah. Perang tarif antar operator seluler sedikit banyak membuat tarif tranfer data turun. Berlomba-lombanya operator seluler menurunkan tarif dengan harapan volume usernya meningkat justru menguntungkan users itu sendiri. Pendek kata, internet sekarang jauh lebih terjangkau.

Permasalahan berikutnya kembali muncul. Harus internetan pakai apa dan berapa tarif rasionalnya? Kami ilustrasikan sebagai tarif rasional dengan asumsi internetan yang sehat adalah sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan. Untuk kaum profesional tidak usah dibahas karena kebutuhan dan biaya internet kebanyakan sudah ditanggung oleh perusahaan atau sudah masuk dalam hitungan cost per bulannya sesuai dengan besar kecil usaha yang digeluti. Sudah pasti mereka memakai jalur data yang cepat dan mahal.

Yang ingin kami fokus dibahas adalah pada users penggembira, anak muda yang butuh aktualisasi, atau bagi yang baru belajar bisnis online. Online bisa lewat 2 perangkat, lewat Ponsel berbrowser atau lewat PC/Laptop. Jika lewat ponsel atau mobile phone, tampilan halaman web sesuai besar layar dan bisa diperlihatkan dalam bentuk mobile view. Bagi kebanyakan orang, online via ponsel tidak sepuas ngenet di layar monitor dengan tampilan view. Untuk bisa online via PC/Laptop dibutuhkan modem. Modem ada 2 tipe, modem GSM (kecepatan tertinggi via jalur data HSDPA) dan modem CDMA (kecepatan tertiggi via jalur data EVDO).

Yang patut dicermati ketika memilih modem adalah Modem GSM hsdpa jauh lebih murah dari modem CDMA. Akan tetapi, alternatif tarif tranfer data operator seluler berbasis CDMA selalu (hingga detik ini artikel ini ditulis per Agustus 2010) lebih murah dari operator seluler berbasis GSM. Jadi anda harus cermat, jangan sampai anda tergiur harga murah modem, tetapi tidak bisa secara frekuentif menggunakannya karena terbentur biaya tranfer datanya. Untuk kecepatan, kedua modem di atas setara. Hanya modem GSM akhirnya tetap banyak peminatnya dikarenakan bandwidg besar dengan signalnya yang sudah hampir merata di seluruh wilayah tanah air dibanding jaringan CDMA yang distribusinya masih belum merata. Jadi, kata kunci yang wajib anda ingat dalam pemilihan modem adalah: Modem GSM harga murah tarif mahal tapi signal kuat  dan Modem CDMA harga mahal tarif murah signal lemah. Sesuaikan dengan kota/daerah anda.

Untuk tarif internet yuk mari kita pelototi satu per satu, silahkan simpulkan sendiri operator seluler yang anda pilih. Tentu sesuaikan dengan tarif rasional anda. 

Tarif tranfer data Indosat:


IM3 gsm (sumber: Indosat)





Time BandTarif Baru Berbasis VolumeTarif Baru Berbasis Durasi
00:00 - 12:00Rp 1/KBRp 100/menit
12:01 - 24:00Rp 3/KB untuk 300 KB pertama, selanjutnya Rp 1/KBRp 100/menit

* Tarif di atas belum termasuk PPN 10%    





Layanan BroadBand untuk IM3 dan Mentari


Kini hadir layanan broadband di kartu IM3 dan Mentari* Anda, layanan paket data dengan kecepatan tinggi hingga 2 Mbps dengan beragam paket pilihan sesuai kebutuhan Anda.
Tidak perlu ganti kartu dan tidak perlu repot mengaktifkannya.
* Untuk pelanggan Mentari Regular/Bonus/Dasar dapat menikmati layanan broadband ini dengan melakukan pindah paket ke Mentari Sakti dan ke IM3 (REG Mentari/Sakti atau REG IM3 ke 2020).


Paket data yang bisa diaktifkan di IM3 dan Mentari:

a. Paket Data Quota
PaketQuota
(MByte)
Harga
(Rp)
Masa Aktif
(hari)
Format SMS
Kirim ke 323
Harian1Rp 1.0001regharian
Mingguan15Rp 10.0007regmingguan
Bulanan 1125Rp 50.00030regbulanan1
Bulanan 2320Rp 100.00030regbulanan2
  • Harga sudah termasuk ppn.
  • Misal registrasi harian, maka quota bisa digunakan hingga besok pukul 24.00 (H+1)
     




b. Paket Data Unlimited Broadband powered by IM2
Anda juga bisa nikmati broadband cepat tanpa batas dari IM2, tanpa perlu mengganti kartu. Tersedia berbagai macam paket sesuai kebutuhanmu. Kecepatan akses 256 Kbps, setelah kuota habis menjadi 20 Kbps.
PaketQuota
(MByte)
Harga
(Rp)
Masa Aktif
(hari)
Format SMS
Kirim ke 323
Harian10Rp 9.0001regIM2harian
Mingguan100Rp 50.0007regIM2mingguan1
Mingguan 2300Rp 80.00014regIM2mingguan2

Atau tekan *777*1*5# dari handphone Anda, pilih paket broadband yang diinginkan.

Ketentuan Mentari Broadband dan IM3 Broadband
  • Pelanggan bisa melakukan registrasi paket kapan saja.
  • Registrasi dan penggunaan quota hanya di Indonesia.
  • Setting APN-nya adalah indosatgprs
  • Untuk Paket Quota:


    • Jika quota habis, akses akan terputus lebih dulu.
    • Jika quota sudah habis (masa aktif belum habis), pelanggan ingin registrasi lagi, maka pelanggan dapat melakukan un-registrasi terlebih dulu kemudian melakukan registrasi lagi untuk dapat tetap menikmati layanan broadband ini
    • Jika masih dalam masa aktif paket broadband atau belum melakukan un-registrasi, setelah quota habis, anda masih tetap menikmati kecepatan broadband hingga 2 Mbps dengan tarif data normal (saat ini Rp 1/kB).
    • Jika quota masih ada, pelanggan melakukan un-registrasi, maka quota yang ada akan dihapus (hangus).
    • Setelah melewati masa aktif, anda tidak dapat menikmati kecepatan broadband lagi.
  • Untuk Peket Unlimited (IM2Inside)


    • Mulai tanggal 16 Agustus 2010, otomatis perpanjangan berlangganan akan diberlakukan bagi pelanggan yang register ke layanan unlimited broadband (IM2 Inside) ini dan pelanggan dapat melakukan registrasi lagi untuk mendapatkan kecepatan 256kbps.
    • Untuk menghentikan layanan otomatis perpanjangan berlangganan, ketik STOP kirim ke 323 atau melalui *777*1*5#, maka layanan akan dihentikan pada akhir periode berlangganan.
  • Untuk unreg dari layanan ini, ketik UNREG kirim ke 323 atau tekan *777*1*5#

StarOne cdma







StarOne Internet

Kini ber-internet lebih bebas dengan pilihan cara pembayaran koneksi internet StarOne. Anda bisa bayar sesuai volume pemakaian atau sesuaikan dengan lama pemakaian. Dengan kecepatan akses hingga 153,6 kbps, Anda bisa melakukan download, browsing, chatting sampai kirim e-mail dengan lebih cepat.

Aktifasi Layanan:
  • Ketik NET
  • Kirim ke 799
  • Tarif SMS: Rp 5.500
     
Registrasi cara bayar:
  • Ketik Reg[spasi]VOL untuk pemakaian berdasarkan volume.
  • Atau Reg[spasi]TIME untuk pemakaian berdasarkan waktu.
  • Lalu kirim ke 799
  • Tarif SMS: Rp 500/SMS (sudah termasuk Ppn)
     
Jenis Biaya *Nominal
Penagihan per menitRp 75/menit
Penagihan per volume/KbyteRp 1/kb
Biaya perpindahan model penagihanRp 500/SMS


Parameter yang harus dimasukkan:
  • username = starone
  • password = indosat
  • no. dial = #777  
StarOne Internet Unlimited

Nonstop Internetan dengan StarOne Internet Unlimited

Tanpa batasan quota dan penurunan kecepatan
Hari gini bayar mahal buat internetan? Udah nggak jamannya lagi kali. Sekarang kamu bisa internetan sepuasnya dan semau kamu tanpa harus bayar mahal. Hanya dengan Rp 2.500,- kamu udah bisa internetan seharian dan semau kamu tanpa batasan quota. Dan yang paling penting nih, kecepatan aksesnya hingga 153 Kbps tanpa penurunan kecepatan. Hebat nggak tuh?!

Selain harian, kamu juga bisa pilih mingguan atau bulanan.

Syarat & Ketentuan:
  1. Layanan Internet Unlimited diperuntukkan bagi pelanggan StarOne Prabayar & Paskabayar baik pelanggan baru atau lama.
     
  2. StarOne Prabayar:


    • Kamu bisa pilih paket harian, mingguan, atau bulanan, dengan hanya mengirim SMS ke 7825. Berikut adalah informasi detail pilihan paket Internet:


      PaketFormat SMS
      kirim ke 7825
      Masa Aktif
      Paket
      Biaya(termasuk PPn)
      HarianInternet HRN1 hariRp 2.500
      MingguanInternet MGN7 hariRp 15.000
      BulananInternet BLN30 hariRp 45.000

    • Pulsa minimum setelah registrasi Rp. 1000, pastikan pulsa kamu mencukupi.
    • Setelah masa berlaku paket berakhir, kamu bisa melakukan registrasi lagi. Sistem tidak melakukan perpanjangan otomatis.
       
  3. StarOne Paskabayar:

    • Biaya langganan Paket Unlimited Rp 45.000,-/bulan (termasuk PPN)
    • Mendaftar di Galeri Indosat.
       
  4. Tarif dan layanan lainnya mengikuti promo yang berlaku.
(bersambung)

5 Komentar:

wahhh,
lengkap sekali infonya.
tapi saya sudah pake smart bro.

thanks sob :)
saya pake modem cdma

Wah, setelah 2 tahun pake modem CDMA, terasa emang pilihan provider CDMA agak terbatas...tapi sayang, GSM juga masih mahal...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Sekarang sudah jamannya MIFi tapi untuk privasi, tentu penggunaan modem biasa masih diperlukan.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More