Nokia X3: Xpressmusic desain Slide

Nokia C3, jika bagian belakang digeser nampak deretan tombol keypad clasic

Nokia X3 atau secara resmi disebut model X3-00 merupakan ponsel baru penerus generasi Xpressmusic Nokia. X3 ditujukan buat level midle, versi high-nya adalah Nokia X6 yang fulltouch. Nokia X3 belum mengadopsi teknologi layar sentuh. Harga ponsel yang sudah beredar di pasar ponsel tanah air ini per Agustus 2010 berkisar di Rp. 1,45 juta-an. Secara sekilas (gambar tengah), Nokia X3 sangat mirip tampilannya dengan X6. Hanya ketika slide digeser, terpampang keypad desain clasic dan keypad tersebut mutlak diperlukan karena X3 belum mengadopsi teknologi layar sentuh. Tentu untuk ponsel yang ditujukan buat level midle, spesifikasi X3 jauh di bawah kemewahan X6. Buat lebih ngeh apa daleman ponsel X3-00, mari kita bahas spesifikasinya.

Desain Nokia X3 adalah Slider dengan dimensi: 96,0 x 49,3 x 14,1 mm dan berat volume: 103 g  65,8 cc. Layar berukuran 2,2 inci resolusi 320 x 240 piksel (QVGA) hingga 262.144 warna dengan teknologi matrik aktif. Pada keypad ada tombol khusus ke musik dan kamera. Warna yang tersedia adalah: Merah/hitam dan Biru/perak. Baterai standar Li-Ion BL-4CT 860 mAh dengan waktu playback musik (maksimal) 24 jam. Nokia X3 dibekali memori internal sebesar 50 MB dengan slot microSD sampai 16 GB.

X3 beroperasi pada frekuensi Quad-band GSM 850/900/1800/1900 dan dapat beralih otomatis antar band GSM dengan modus penerbangan. Jaringan data yang tersedia baru GPRS kelas A multislot kelas 32, EDGE dengan  dukungan TCP/IP. Wifi masih belum suport. Konektivitas bisa via bluetooth 2.1 dan sinkronisasi PC dengan Nokia PC Suite. Fitur navigasi GPS masih belum suport.

Kamera Nokia X3 berukuran 3,2 MP dengan perbesaran sampai 4x autofokus. Video dengan perbesaran 4X sudah suport untuk recorder (video hingga 176 x 144 piksel (QCIF) dan hingga 15 fps), player, dan steaming. Buat musik dan audio terdapat musik player dan Radio FM dengan Speaker stereo terpadu dan dukungan Steker headphone stereo 3,5 mm. Fitur musik dilengkapi dengan Nokia music, Nokia music store dan tombol  Navi™.

Nokia X3 ternyata sudah bersistem operasi. Operating System Symbian atau tepatnya S40 edisi ke-6 tersemat ke dalam ponsel Xpressmusic model terkini Nokia ini. Aplikasi Java™ MIDP 2.0 dan Flash Lite 3.0 memperkuat perangkat lunak ponsel. Java games sudah terintegrasi dan Anda tentu bisa menambahkan aplikasi sesuai keinginan di Ovi store atau download di internet dengan memperhatikan kompatibelitasnya.

Nokia X3 pada akhirnya memang lebih memperkuat spek musiknya seperti kebanyakan kelompok Xpressmusic Nokia. Hanya karena ditujukan buat pasar segmen midle to low, maka fitur diluar musik terlihat standart.

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More