Samsung GT-C6625 HP QWERTY HSDPA Termurah

C6625 Valencia


Inilah dia, handphone pintar termurah yang sekarang beredar di tanah air. Samsung GT-C6625 atau sering disebut Valencia adalah smartphone yang pertama kali dikenalkan ke publik pada Oktober 2008 dan mulai dilepas ke pasar pada kuartal pertama tahun 2009. Pada waktu itu harga masih pada kisaran 2,4 s.d 2,9 juta dan sempat sangat susah dicari. Kini (per Agustus 2010) handphone yang sudah berkeyboard qwerty ini dapat dibeli dengan harga hanya pada kisaran 1,2 juta-an.

Operating system Valencia menggunakan windows mobile 6.1 sehingga nampak seperti teknologi PC bertranformasi ke dalam sebuah genggaman. Bagi kita yang terbiasa dengan PC, akan sangat familiar dengan tampilan dan pengoperasian. Layar sangat jernih dengan TFT 65.536 warna, 320x240 pixel dan 2,6 inci. Kamera ada 2, belakang sebagai kamera foto atau rekam video dengan kekuatan 2MP, dan kamera depan untuk video call QVGA @ 25fps. Salah satu fiture andalan adalah aGPS, yang memudahan kita sebagai navigasi dalam perjalanan. Harga 1,2 juta-an sudah bisa GPS-an, coba bayangkan? Bukan hanya itu, untuk  data transfer, smartphone ini dibekali dengan  HSDPA 3,6 Mbps. Vasilitas lainnya: email, IM, GPRS 10, EDGE 10, WAP 2.0 HTML, memori internal 100 MB, slot microSD up to 8 GB, Java MIDP, Bluetooth/A2DP, dan radio. Aksesoris berupa travel adapter, kabel data, dan handfree.

Kelemahan Valencia terletak pada kemampuan baterainya yang sangat boros jika dipakai untuk online. Kamera 2MP tidak diperkuat dengan auto fokus, dan tidak ada wifi. Tetapi untuk fasilitas yang disediakan, dengan harga pada kisaran itu, menempatkan smartphone yang telah berdesain qwerty ini menjadi termurah dikelasnya. Jika mau diperbandigkan, mungkin kelas Samsung Valencia ini adalah diantara Nokia E63 dan E71. E63 unggul di wifi dan autofokus kamera tapi tidak ada GPS dan baru sampai 3G. Sedang E71 unggul jauh. Harga E63 masih pada kisaran 1,4 juta (per agustus 2010), sedang E71 masih 2 juta-an ke atas. Jadi, jika anda mempunyai budget yang terbatas, akan tetapi ingin mendapatkan handphone dengan fasilitas lengkap, maka Samsung GT-C6625 Valencia ini adalah solusi yang pintar.


0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More