Nokia X2: Xpressmusic dengan kamera 5 MP

Nokia X2
Nokia kembali merilis ponsel Xseriesnya pada bulan Agustus 2010 ini. Kali ini diberi nama X2 yang ditargetkan mampu menyasar pecinta Xpressmusic-nya di level menengah ke bawah.  Harga dipasarannya berkisar di nominal 1,2 juta-an.

Secara kasat mata, desain X2 terlihat tidak kaku dengan aksen penuh warna sehingga terlihat modern dan bergaya. Pada bagian belakang dibuat melengkung dengan lapisan yang mengkilap. Secara umum, casing Nokia X2 ini sengaja dibuat dari bahan yang berkualitas.

Fitur musik disediakan dua speaker stereo yang menghasilkan audio berkualitas tinggi untuk mendengar lagu favorit atau Radio FM Anda. Pecinta musik pengguna X2 juga dimanjakan dengan adanya akses instan ke jutaan lagu gratis. Comes With Music, tema yang selalu dibawa di Xseries, berarti Anda bisa mendapatkan musik sebanyak yang Anda mau secara gratis, dan dapat disimpan selamanya. Yang tidak kalah menarik, ponsel 1,2 juta-an ini sudah dibekali dengan Kamera berkekuatan 5 MP yang dilengkapi dengan lampu kilat.  Lampu kilat juga bisa dimanfaatkan sebagai senter.

Ingin tahu lebih detail spesifikasi X2, berikut kami sajikan spesifiasi penuhnya:

Dimensi Nokia X2
Desain
  • Dimensi: 111 x 47 x 13,3 mm, Berat (dengan baterai): 82 g, Volume: 61 cc
  • Ukuran dan bentuk: Klasik
  • Tampilan dan antarmuka pengguna: Ukuran: 2,2", Resolusi: 320 x 240 piksel (QVGA TFT) hingga 260.000 warna
  • Tombol dan metode input: Navi™ Key 5 arah beserta tombol lunak, tombol panggil dan akhiri, Tombol khusus kamera, Tombol musik khusus
  • Warna yang tersedia:: Hitam/Merah dan Perak/Biru
  • Layar depan yang dapat disesuaikan: widget, tema, ikon, pintasan, menu, Profil yang dapat disesuaikan, Nada dering (mp3, AAC, eAAC, eAAC+, WMA dan polifonik 64-nada), Nada dering video, dan Tema (wallpaper, screensaver, nada dering, tema pra-instal, dan tema warna yang dapat diubah).
Nokia X2 bekerja pada frekuensi Quad-band EGSM 850/900/1800/1900 dan beralih otomatis antar band GSM dengan modus penerbangan. Memori internalnya sebesar 48 MB dengan slotmicroSD yang dapat ditukar selagi dipakai sampai 16 GB. Kekuatan Baterai tergolong tangguh dengan  Waktu bicara : hingga 765 mnt (12.7 jam), Waktu siaga: hingga 530 jam (22 hari),dan Waktu pemutaran musik: hingga 26,8 jam (siaga, volume sedang). Baterai Li-Ion BL-4C 860 mAh.

Konektivitas bisa via Bluetooth stereo 2.1 dengan kecepatan yang bisa ditingkatkan, atau dengan menggunakan kabel data USB 2.0 berkecepatan tinggi.  X2. Jalur data masih belum 3G/HSDPA. Untuk berinternet baru disediakan jalur: GPRS kelas B multislot kelas 32 dengan kecepatan maksimal 107/64,2 kbps (DL/UL) dan EGPRS kelas B multislot kelas 32 dengan kecepatan maksimal 296/177,6 kbps (DL/UL). Cukuplah jika hanya digunakan buat chatting, jejaring sosial, atau browsing. Karena Xpressmusic, tentu fitur musiknya lah yang diperkuat bukan? Nokia X2 juga belum suport Wifi.

OS X2 berbasis series 40, suport Java MIDP 2.1, dan  Flash lite 3.0. Browser juga sudah suport untu video streaming. Aplikasi yang sudah terinstall secara default adalah: Konverter, Konverter ukuran, Jam dunia, Pencarian Web, Pencatat waktu hitung mundur, Stopwatch, Jam dunia, Ovi Store, My Nokia, Berbagi online, Flickr, Opera mini browser, Facebook, Kamus Bahasa Cina, dan Nokia Life Tools. Silahan ditambah sendiri aplikasinya tentu dengan memperhatikan kompatibilitasnya.

Kamera X2 seperti sudah disebutkan di atas adalah berkekuatan 5 MP (2.592 x 1.544 piksel). Dengan harga 1,2 juta-an sudah dapat kamera 5 MP tentu sesuatu yang menarik. Kamera dilengkapi dengan lampu kilat LED yang juga punya secondary fungtion sebagai senter. Perbesaran sampai 4x dengan autofokus dan modus pengurangan bising. Perekaman video dalam QVGA dengan kecepatan hingga 20 fps dengan perbesaran digital sampai 4x.

Fitur musik secara lengap adalah: 
  • Comes with Music (sudah dijelaskan artinya di atas, red)
  • Pemutar Media dengan metadata tag ID3 dan dukungan gambar album
  • Dukungan Ovi Music
  • Kodek musik: mp3, AAC, eAAC, eAAC+ dan WMA
  • Dukungan Bluetooth stereo 2.1
  • Dua speaker stereo
  • Equaliser
  • Penambah stereo
  • Tema pemutar media dapat disesuaikan
  • DRM mendukung WMDRM10, OMA DRM 2.0
Radio FM stereo (87,5-108 MHz/76-90 MHz) melengkapi semua fitur di atas. Untuk GPS belum ready. Tertarik bermusik ria dan jeprat-jepret objek dengan Nokia X2? Siapkan Budget anda.

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More