Nokia C6: Smartphone QWERTY sliding dengan layar sentuh

Nokia C6
Nokia terus berinovasi dalam setiap varian produknya untuk tetap bisa menyasar semua segmen level sehingga predikat jawara penjualan ponsel di dunia tetap dipertahankan. 

Melihat arah pasar yang mulai bergeser ke arah telpon pintar dengan model keyboard full dan teknologi layar sentuh, tetapi masih dengan harga yang bisa dijangkau oleh segmen midle, maka lahirlah Nokia C6. Sebenarnya, Nokia C6 ini merupakan versi murah dari Nokia N97 dan termasuk dalam anggota keluarga Symbian S60 5th edition. Harga handphone ini per Agustus 2010 ada pada kisaran Rp. 2,7 juta-an.

Dalam tinjauan umum dari Nokia, tema yang dibawa ponsel ini adalah "Teman dan keluarga selalu didahulukan – Nokia C6 menghubungkan setiap orang bersama melalui akses mudah dan cepat ke email, kontak, dan jaringan sosial favorit. Ponsel ringkas ini mempunyai layar sentuh yang sangat responsif, keyboard QWERTY lengkap, kamera 5 megapiksel, dan penerima A-GPS terpadu". Ingin tahu lebih detailnya, mari kita lihat bersama.

Nokia C6 Dimention
Desain

  • Dimensi: Ukuran: 113,4 x 53 x 16,8 mm, berat (dengan baterai): 150 g, volume: 80 cc
  • Tombol dan metode input:  Keyboard lengkap geser-keluar berlampu dengan tombol navigasi, tombol penutup (tombol Depan, tombol Kirim/Akhiri), layar sentuh, tombol khusus kamera dan tombol volume, tombol Kunci di samping
  • Warna yang tersedia: Hitam dan Putih
  • Personalisasi: Layar depan yang dapat disesuaikan, widget, tema, ikon, pintasan, menu, profil yang dapat disesuaikan, nada dering video, nada dering: mp3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA. Juga, Tema, wallpaper, screensaver, nada dering, tema pra-instal, dan tema warna yang dapat diubah
  • Tampilan dan antarmuka pengguna: Ukuran layar: 3,2", resolusi: 640 x 360 (nHD) hingga 16,7 juta warna, layar sentuh yang peka, kontrol kecerahan, sensor orientasi, sensor jarak, dan detektor cahaya sekitar.
  • Manajemen daya: Baterai Li-Ion BL-4J 1.200 mAh, waktu bicara (maksimal):: GSM 420 mnt dan WCDMA 300 mnt, waktu siaga (maksimal): GSM 400 j dan WCDMA 400 j, pemutaran video (Mpeg4/nHD) 246 mnt, waktu panggilan video (maksimal): 144 mnt, waktu pemutaran musik: 30 j
  • Frekuensi pengoperasian: Quad band EGSM 850/900/1800/1900 dan WCDMA 850/900/1900/2100, beralih otomatis antar band GSM dengan modus penerbangan.
Memori internal yang disemat dalam smartphone ini adalah sebesar 200 MB. Slot MicroSD bisa dipasang memori sampai 16 GB. Untuk konektivitas bisa lewat Bluetooth (versi 2.0 dengan kecepatan data yang ditingkatkan) yang mendukung sinkronisasi SyncML lokal dan jauh. Juga bisa lewar USB 2.0 berkecepatan tinggi (konektor micro USB). Konektor AV 3,5 mm.

Jaringan data sudah sangat lengap, yaitu bisa lewat jalur: CSD, HSCSD dengan kecepatan maksimal 43,2 kbps, GPRS kelas A dengan multislot kelas 32, WCDMA kecepatan maksimal hingga 3,8 Mbps dengan data paket  dan suara simultan. Juga HSDPA kecepatan maksimal hingga 3,6 Mbps dengan data paket dan suara simultan, WLAN, dukungan TCP/IP, dual Transfer Mode (DTM) dengan sambungan data paket dan suara simultan, kelas A, multislot kelas 11. Nampaknya, dengan jalur data yang lengkap seperti tersebut di atas, internetan bakal lancar selama operator seluler stabil. Handphone juga dapat dijadikan modem data dan mendukung sinkronisasi kontak, kalender serta catatan MS Outlook. Untuk keperluan navigasi tersedia GPS/A-GPS terpadu. Kapan dan dimanapun, anda tidak perlu takut tersesat karena punya penunjuk arah yang canggih. Penunjuk arah bisa memanfaatkan Ovi Maps dengan lisensi navigasi gratis seumur hidup. Bisa juga menggunakan aplikasi untuk Mapping dengan terlebih dahulu mendownloadnya.

Operating Sistem C6 menggunakan Symbian versi 9.4 yang masih dalam family kelompok S60 ed. 5. Aplikasi yang sudah terinstall dan siap pakai dalam handphone adalah:
  • Email (SMTP, IMAP4, POP3), MMS, SMS, editor serba guna
  • Melihat lampiran email - .doc, .xls, .ppt, .pdf
  • Kalender, Kontak, Agenda, Catatan, Email
  • Nokia Messaging
  • Jaringan sosial (Facebook, Hi5, MySpace)
  • Ovi Maps
  • Ovi Suite, Ovi Store, Ovi Share, Ovi Contacts
  • Aplikasi PC: Microsoft Outlook, Outlook Express, Lotus Organizer, Lotus Notes
Beberapa fitur bisa ditambahan dengan cara download dan install aplikasi yang tentu saja harus dilihat kompatibeltiasnya. Silahkan kunjungi Ovi store jika ingin menambah apliasi, tetapi kebanyakan pasti berbayar. Aplikasi berbasis java sudah jelas bisa ditambahkan mengingat hanphone suport dengan Java (MIDP 2.1). 

Konten multimedia juga tidak kalah menarik. Kamera sudah berkekuatan 5 megapiksel (2.584 x 1.938 piksel) dengan autofokus dan lampu kilat LED terpadu. Perbesaran hingga 4x (digital). Kamera kedua juga tersedia untuk panggilan video (QVGA). Kamera juga bisa digunakan untuk merekam video. Music player dan Radio FM stereo sudah terintegrasi. Nokia C6 juga mendukung video streaming dan flash.

Sangat lengkap memang fitur yang dibawa smartphone ini. Mulai dari desain qwerty dengan touchsreen-nya, jaringan data internet nan lengkap, aplikasi online ditampilan muka, sampai kamera 5 MP dan GPS. Kita lihat saja respon pasar terhadap seri Nokia C6 ini, apakah bisa sukses head to head dengan smartphone keluaran pabrik lain atau tidak? Hanya waktu yang bisa menjawab. 

Spesifikasi Nokia C6:
Status: Dipasarkan Kuartal kedua 2010; Jaringan: 2G (Quadband GSM) & HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100; Dimensi: 11.3 x 5.3 x 1.68 cm, 80 cc; Berat: 150 g; Layar: TFT touchscreen, 16M colors, 360 x 640 pixels, 3.2 inches; Kamera utama: 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash; Kamera sekunder: Ya; Memori internal: 200 MB; Memori eksternal: microSD, up to 16GB, 2GB included; Transfer data: GPRS Class 32, EDGE Class 32; 3G: HSDPA 7.2 Mbps; HSUPA 5.76 Mbps; Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g, Bluetooth v2.0 with A2DP, v2.0 microUSB; OS: Symbian OS v9.4, Series 60 rel. 5; Messaging: SMS, MMS, Email, Push Email, IM; Browser: WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feeds; Fitur lain: Geo-tagging, face and smile detection, QWERTY keyboard, Proximity sensor for auto turn-off, Accelerometer sensor for UI auto-rotate, Stereo FM radio with RDS, Games, GPS with A-GPS support, Java MIDP 2.1, Yahoo! Messenger, Google Talk, Windows Live Messenger, MP3/WMA/WAV/eAAC+ pl

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More