Cara cek ukuran halaman muka website/blog

Ukuran halaman muka sebuah website/blog sangatlah penting. Ukuran yang terlalu besar di satu sisi bakal dapat mengakomodir semua keinginan webmaster dalam segi tampilan, akan tetapi di sisi lain cukup merepotkan pengunjung karena loading masuk halaman yang berat dan lama. Berat dikonotasikan sebagai ukuran file yang besar akan menguras quota biaya internet, sedang lama dikonotasikan dengan durasi waktu yang umumnya jika lama bakal membuat pengunjung batal atau enggan kembali masuk.

Sebaliknya, jika ukuran website terlalu kecil, mungkin tampilan akan terlihat kurang menarik dan beberapa navigasi karena tidak ditampilkan bakal membuat pengunjung bingung dalam menelusuri isi website/blog. Benar memang ukuran yang kecil bakal lebih cepat aksesnya, tapi jika keseluruhan isi tidak bisa dinavigasikan dengan user friendly, tentu akan berbalik merugikan.

Lantas berapa ukuran yang dianggap ideal untuk halaman muka website/blog? Sampai saat ini tidak ada parameter ukuran ideal. Yang ada hanyalah asumsi-asumsi yang diambil dari pengalaman. Lambat cepat akses toh tak ditentukan hanya dengan ukuran web, tetapi ada banyak faktor lain, misalnya: akses lewat jalur apa (kalau sudah pakai jalur 3G atau EVDO ya tidak perlu kuatir), optrimalisasi peletakan sidebar, etc. Hanya satu faktor ukuran bite juga menjadi salah satu tolok ukurnya. Asumsi yang dianggap penulis sebagai tolok ukur ukuran ideal halaman muka adalah antara 60 s.d 100 kb.

Buat yang ingin menganalisa ukuran, waktu load, dan kecepatan rata-rata akses per kb, bisa memasukkan url website/blog  dalam kotak analisis di bawah ini:


Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)




(eg. iwebtool.com)




Powered by iWEBTOOL

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More