I-Banking Mempercepat Validasi Deposit

Teknologi dalam  internet semakin hari kian berkembang. Salah satunya diterapkan dalam dunia perbankan. Ujung penerapan hanya satu, yaitu untuk mempermudah customer dalam bertransaksi. Jika selama ini kita mengenal sistem transfer manual di Kantor Bank, transfer Via atm atau sms, maka sekarang munculah transaksi via internet, yang dikenal sebagai internet banking (i-banking).


Banyak kemudahan yang didapat dengan i-banking, diantaranya adalah: cek saldo, pembayaran tagihan rutin listriik-air-telephon rumah, dan tentunya transfer baik sesama atau antar bank. Keuntungan lainnya adalah dengan i-banking dapat terlihat catatan transaksi yang terjadi dalam periode tertentu.


Lantas bagaimana keamanan transaksi? apakah rawan dibobol? Jangan kuatir, sistem i-banking biasanya diproteksi dalam dua tingkatan, yaitu PIN log in dan Token.  PIN biasanya kita sendiri yang setting, sedangkan token adalah semacam kunci yang kita peroleh dari bank yang berisi sandi-sandi yang teracak. Praktisnya ketika kita masuk ke internet banking, untuk menuju ke account maka PIN dimasukkan. Setelah masuk ke account, kita dapat cek saldo dan report lainnya yang bersifat non-transfer. Jika kita ingin transfer, maka kita harus menggunakan token. Petunjuk cara penggunaan token dapat anda lihat di manualnya. Jadi, penggunaan i-banking aman jika dan hanya jika PIN dan token tersimpan rapat-rapat, tidak ada orang lain selain kita yang tahu.

Dalam bisnis pulsa, penggunaan i-banking mutlak dilakukan. Transaksi yang terjadi berpuluh, beratus, atau bahkan beribu kali dapat dikontrol dengan efisien. Untuk mempercepat validasi biasanya transfer sesuai dengan no tiket. Validasi dilakukan secara manual. Akan lebih cepat lagi tervalidasi jika kita mengirimkan sms info ke sms center.

Ada juga sistem validasi yang menggunakan 3 angka digit terakhir dari hp yang didaftarkan. Cara ini punya kelemahan jika terdapat 2 atau lebih no Hp yang mempunyai angka yang sama, maka akan susah dibedakan, karena itu distributor yang memakai cara ini, biasanya mewajibkan agennya untuk konfirmasi jika telah transfer.

Sistem di server kami adalah memakai pesan tiket sebelum transfer. Bank yang digunakan adalah BNI, BCA, dan Bank Mandiri karena selain sudah tersebar kantor-kantor cabang dan ATM-nya, juga memiliki fitur  i-banking yang lengkap.

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More