FAQs

PENDAFTARAN AGEN
Apakah pendaftaran member terkena biaya?
GRATIS 100% tanpa biaya apapun



Bagaimana cara mendaftarnya? 
Anda dapat langsung menghubungi CS online kami. Berikan data Anda yang valid yaitu Nama Anda, Alamat, Kota, no telpon yang dapat dihubungi, dan no GSM/CDMA yang akan digunakan untuk bertransaksi. Konfirmasikan ke CS online kami. Tunggulah beberapa saat, Anda akan menerima SMS yang berisi : - ID Agen Anda beserta PIN dan Password. Lakukan transfer deposit ke rekening anda sesuai dengan prosedur yang berlaku. 0Pendaftaran juga bisa dilakukan via sms REG.NAMA.NoHP.KOTA dan kirim ke 085742390933. Cara lainnya adalah telpon ke 085742390933, kirim email ke suma.fone@yahoo.com, atau datang langsung ke office.

Bagaimana prosedur deposit awal?
Setelah Anda menerima SMS pendaftaran, ketik format untuk deposit yaitu:
DEP.BANK.NOMINAL.PIN
contoh: DEP.BCA.100000.1234
             kirim ke SMS CENTER SUMAFONE.
Anda akan menerima balasan berupa nomer tiket
contoh: Yth. RANICELL (GO-0333) No. Tiket: 123. Silahkan transfer sejumlah 100123 ke rekening BCA no. 0870967560 a.n. Laksma Wiramurti Narendra. 
Segera lakukan transfer melalui ATM terdekat dan jangan lupa untuk memasukan sesuai dengan nominal tersebut. Tim bagian deposit akan selalu melakukan pengecekan terhadap rekening online kami dan melakukan validasi. Anda juga dapat melakukan konfirmasi dengan cara kirim SMS INFO atau kirim berita konfirmasi ke salah satu YM CS kami. 


Bisakah saya mendaftarkan nomor HP yang sudah saya gunakan di penyedia all operator lain? 
Selama nomor HP Anda belum terdaftar di kami, kami akan memprosesnya, meskipun Anda sudah gunakan di penyedia layanan all operator lainnya. Untuk tahu apakah HP Anda sudah terdaftar di kami atau belum sebelumnya, Anda bisa lihat SMS Centerpenyedia all operator lama Anda apakah sama dengan SMS CENTER kami. Kalau sama berarti itu adalah layanan dari kami dan Anda tidak bisa mendaftarkan nomor HP tersebut. Silahkan ganti dengan nomor kartu yang lain.


Perlukah saya menggati PIN saat awal transaksi? 
Wajib bagi Anda untuk melakukan ganti PIN. Sehingga PIN tersebut tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kami tidak bertanggungjawab atas keteledoran / penyalahgunaan PIN tersebut.

TENTANG TRANSAKSI
Bagaimana cara saya bertransaksi? 
Anda dapat melakukan transaksi melalui sms dari HP yang telah terdaftar maupun id YM (Yahoo Messenger), untuk format transaksinya dapat Anda lihat dari manual cara transaksi. Kirim sms sesuai format transaksi tersebut ke SMS Center
, transaksi yang dikirim ke luar nomer SMS Center tersebut tidak akan diproses oleh sistem.

Apabila nomor yang saya masukkan salah, apakah bisa dibatalkan? 
Tidak bisa dibatalkan. Jadi kesalahan pengisian nomor dan kode voucher menjadi tanggung jawab Agen. Pastikan sebelum mengirimkan SMS, nomor dan kode voucher sudah benar.

SMS balasan lama sekali, ada apa ya? 
Ada beberapa kemungkinan:
Gangguan jaringan provider SMS dari Anda ke server kami.
Gangguan jaringan provider SMS dari server kami ke Anda.
Gangguan dari supplier kami, sehingga kami lama mendapatkan balasan.

Sistem dari supplier kami adalah dengan memberikan report setelah pulsa masuk ke pelanggan, jadi bila sampai terjadi keterlambatan report, karena masalah report dari supplier kami, maka silahkan Anda tunggu. Selama menunggu jawaban dari supplier kami, saldo Anda sudah terpotong dalam antrian. Namun apabila gagal, saldo Anda akan kami kembalikan.

Apabila tidak ada SMS balasan bolehkah saya mengulangi SMS untuk permintaan pulsa ke nomor yang sama dan nominal yang sama? 
Boleh Anda ulangi, karena sistem kami hanya memungkinkan transaksi ke nomor yang sama dan nominal yang sama cuma sekali dalam 12 jam (kecuali atas permintaan Anda dengan menggunakan format order ganda). Kami hanya memproses 1 kali saja.

Dapatkah mengisi ke nomor dan nominal yang sama dalam 1 hari?
Dapat, tapi harus menggunakan format khusus, yaitu ORDER GANDA.
Perintahnya adalah Kode.HP.n.PIN.

untuk transaksi ke 2, 3, 4 dan seterusnya. Untuk saat ini sistem kami hanya memperbolehkan transaksi double ke-2. Tunggu Informasi dari kami dalam waktu dekat ini.

Transaksi saya selalu gagal, bagaimana solusinya? 
Cek pulsa handphone Anda. Bisa jadi pulsa Anda habis, sehingga SMS gagal terkirim
Cek masa aktif handphone Anda. Bisa jadi masa aktif lewat, sehingga HP tidak dapat digunakan
Cek apakah pin sudah benar
Cek apakah kode voucher sudah benar, mungkin jadi kode voucher salah

Cek apakah nomor tujuan pengisian pulsa sudah benar
Cek perintahnya, mungkin kelebihan atau kekurangan karakter pada SMS Anda
Cek apakah nomor SMS Center sudah benar
Kemungkinan sistem dari kami ataupun dari supplier kami mengalami gangguan
Gunakan no parallel atau id YM yang sudah didaftarkan


Saldo saya berkurang, tapi voucher belum masuk ke pembeli. Bagaimana solusinya?
Pastikan nomor HP pembeli sudah benar
Jika sudah benar, berarti kemungkinan ada 'pulsa delay', lakukan prosedur komplain

Bagaimana prosedur komplainnya? 
Tanyakan kepada pelanggan Anda apakah sudah masuk atau belum
Bila belum masuk, cek posisi saldo deposit Anda. Ketik SAL.PIN kirim ke SMS Centre
Contoh: SAL.1234

Bila saldo sudah terpotong, silahkan Anda tunggu sekitar 10 menit.
Bila dalam waktu 10 menit pulsa belum masuk, coba Anda tanyakan ke Customer Service masing-masing operator dari HP pelanggan (misal Simpati/AS 116, Mentari 222, Flexi 147, XL 817/818, dll)
Bila belum masuk, mintalah pelanggan Anda untuk menunggu 1 x 24 jam. Karena kadang terjadi delay pulsa karena sistem dari operator yang ada.
Bila sampai 1 x 24 jam belum masuk silahkan komplain kepada kami melalui SMS dengan format INFO. kirim ke SMS Center.
Contoh : INFO.TRX F10 03171820202 10 nop blm masuk, saldo terpotong. mohon dicek!
Kami akan segera kembalikan ketika kami sudah mendapatkan pengembalian saldo dari supplier kami. Masa pengembalian saldo deposit Anda tergantung dari sistem dari masing-masing operator yang ada.
Mohon mengikuti aturan prosedur komplain ini!
Saldo saya masih ada tapi saya tidak dapat bertransaksi?
Cek kembali apakah ada saldo antrian transaksi di sms balasan, apabila ada maka kemungkinan besar saldo Anda telah diparkir untuk menyelesaikan transaksi yang terpending tersebut. Segera lakukan penambahan deposit, apabila transaksi antrian tersebut gagal maka saldo anda akan dikembalikan.

Bagaimana kita tahu voucher sudah masuk atau belum ke pelanggan? 
Mula-mula pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan pengisian pulsa dari operatornya. Dan Anda setelah itu akan menerima pemberitahuan keberhasilan pengisian pulsa dari kami.

Kalau ada pulsa yang tidak masuk, siapa yang salah?
Kami hanya meneruskan pemberitahuan dari operator masing-masing. Jadi apa yang dilaporkan masing-masing provider telekomunikasi kepada kami, itu juga yang kami laporkan kepada pelanggan Anda. Demikian juga pengembalian deposit, kami melakukan pengembalian deposit setelah kami menerima pengembalian deposit dari operator telekomunikasi. Sering kali pelanggan salah mengartikan bahwa kesalahan ada di pihak supplier, tetapi sesungguhnya kita semua hanya meneruskan apa yang diberitakan oleh pihak operator. Mari kita didik bersama-sama pelanggan kita.

Apakah perlu men-setting SMS pada posisi delivered 1 jam?
Sebisa mungkin Anda atur setting SMS Anda cuma berlaku untuk 1 jam. Sehingga apabila dalam 1 jam SMS tidak sampai kepada kami, maka secara otomatis SMS akan digagalkan oleh pihak operator. Cara setting ini tergantung dari tipe HP Anda.

Apakah ada jam transaksi? 
Jam transaksi kami sudah 24 JAM NON STOP. Silahkan menikmati layanan kami.

Biaya apa saja yang harus saya tanggung untuk pengisian pulsa? 
Anda terkena biaya SMS seperti Anda mengirimkan SMS normal kepada rekan Anda, yaitu untuk IM3 Rp 40,- (tarif normal). Untuk XL bebas ekstra , gratis SMS sesuai dengan dengan quota SMS gratis, dan THREE yang bebas sms ke sesama THREE, begitu pula dengan program PROMO gratis sms ke all operator THREE. Ikuti perkembangan promo dari tiap operator, karena informasi tersebut dapat Anda manfaatkan. Untuk balasan SMS TRX dari kami GRATIS.

Apakah saya bisa mengisi pulsa ke nomor HP saya, jika nomor saya sedang masa tenggang? 
Tidak bisa. Karena SMS Anda tidak bisa terkirim karena sudah memasuki masa tenggang. Pastikan bahwa Anda melakukan pengisian pulsa untuk HP yang Anda daftarkan kepada kami pada saat sebelum masa tenggang.

Bila HP pelanggan saya memasuki masa tenggang, apakah saya bisa mengisi pulsanya pelanggan? 
Bisa, selama HP Anda tidak dalam masa tenggang. Khusus untuk telkomsel, hindarkan pengisian pulsa 7 hari sebelum masa tenggang berakhir karena provider akan menolak.
dan harus menggunakan voucher fisik untuk pengisian ulang.

Apakah harga yang ada merupakan harga jual saya?
Bukan, harga yang kami berikan adalah harga dasar, harga jualnya terserah Anda.

Mengapa pulsa telkomsel (simpati dan as) dibedakan antara Jatim dan Nasional? 
Karena Telkomsel melakukan pembatasan pengisian pulsa sesuai dengan wilayahnya. Sehingga untuk luar wilayah Jawa Timur, silahkan gunakan kode nasional (menggunakan kode SN dan AN).

Untuk perintah SMS apakah harus menggunakan huruf besar semua? 
Tidak harus, bisa huruf besar atau kecil. Lebih baik gunakan huruf besar semua.
 DEPOSIT PULSA
Bagaimana prosedut untuk deposit?
Anda dapat melakukan deposit secara:
1. Tunai ke salah satu cabang Sumafone.
2. Transfer via ATM: BCA, MANDIRI dan BNI.

PROSEDUR DEPOSIT VIA ATM:

Ketik format deposit terlebih dahulu:
DEP.BANK.NOMINAL.PIN
contoh: DEP.BCA.100000.1234
             kirim ke SMS CENTER SUMAFONE
Anda akan menerima balasan berupa nomer tiket
contoh: Yth. TIKA (GO-0123) No. Tiket: 123. Silahkan transfer sejumlah 100123 ke rekening BCA no. 0870967560 a.n. Laksma Wiramurti Narendra. 
Segera lakukan transfer melalui ATM terdekat dan jangan lupa untuk memasukan sesuai dengan nominal tersebut. Tim bagian deposit akan selalu melakukan pengecekan terhadap rekening online kami dan melakukan validasi.
Anda juga dapat melakukan konfirmasi setelah transfer dengan cara kirim SMS INFO atau kirim berita konfirmasi ke salah satu YM CS kami.

MOHON IKUTI PROSEDUR INI UNTUK KEMUDAHAN VALIDASI DEPOSIT.


Apa yang terjadi bila saya melakukan konfirmasi dahulu, baru melakukan transfer? 
Ini akan membuat kami bingung, dan menyebabkan deposit Anda lama dimasukkan. Silahkan lakukan transfer dulu baru konfirmasi melalui SMS kepada kami. Mari kita bersama-sama menciptakan sistem yang nyaman.

Apa yang terjadi bila saya lupa mengikutkan no tiket transfer dalam uang yang saya transfer?

Uang deposit Anda tidak akan hangus. Cepat lakukan konfirmasi kepada kami dengan melakukan SMS ke Center kami dengan cara INFO.
Tunggulah, kami akan segera melakukan pengecekan.

Apa yang terjadi bila saya salah mengikutkan no tiket transfer dalam uang yang saya transfer? 
Selama deposit Anda belum digunakan oleh orang lain atau belum kami transferkan kepada orang lain, maka deposit Anda tidak hangus. Cepat lakukan konfirmasi kepada kami dengan menelepon kami.Tunggulah, kami akan tarik deposit dari orang yang salah kami transferkan, bila deposit tersebut belum digunakan.
Bila sudah digunakan, kami tidak bertanggungjawab atas kesalahan yang Anda lakukan/deposit Anda hilang semua atau sebagian.
Namun bila Anda memberikan keterangan palsu kepada kami, maka member Anda akan kami block dan Anda tidak diperkenankan melakukan pengisian pulsa, serta deposit Anda dinyatakan hangus.

Bila SUMAFONE SMS tentang perubahan nomor rekening, apa yang harus saya lakukan? 
Kami tidak mengubah nomor rekening kami. Bila kami ubah, kami pasti memberitahukan lewat nomor SMS Center, bukan dari nomor-nomor lain. Jadi pastikan dengan melakukan konfirmasi kepada kami. Kami tidak bertanggungjawab atas perbuatan-perbuatan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut.

Apakah deposit saya bisa ditarik dalam bentuk uang tunai kembali? 
Tidak bisa, deposit yang sudah masuk ke kami tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apa pun.

INFORMASI DAN KASUS

TRX KE-N
Sistem di Sumafone memungkinkan untuk dilakukan transaksi dengan kode yang sama, nomer yang sama dalam selang waktu 12 jam. Format yang digunakan adalah:
kode.nomer.n.pin
contoh: SN10.08123456789.2.1234

disini n=2, tetapi untuk saat ini Sumafone masih menyediakan transaksi hingga n=3.

Kasus:
1. Gangguan pada jaringan indosat (sms center 1111 dan 2222), menyebabkan sering terjadinya sms delay lebih dari 12 jam. Sebagai akibatnya sistem membaca sms yang sama lebih dari 12 jam sebagai sms transaksi yang berbeda. Untuk itu Sumafone mengambil kebijaksanaan untuk merubah selang waktu order ganda menjadi 24 jam. Format trx ke-N ini harus digunakan.

2. Sistem di Sumafone tidak memotong saldo agen pada saat trx yang dikirim sedang diproses atau dalam status tunggu, melainkan nilai saldo tersebut masuk dalam saldo antrian.

Contoh: Yth.Suma (GO-0123). IM10.08561234567 sudah DITERIMA 16-06-2009 21:00:55 STATUS: TUNGGU. Saldo Antrian: 9.800. Silahkan Ulangi TRX keN=2. Biaya:0 Saldo: 200.000

pengertiannya adalah sisa saldo GO-0123 yang dapat digunakan untuk trx berikutnya adalah 200.000 - 9.800 = 190.200

3. Kasus seperti pada kasus ke-2 diatas hanya saja saldo yang tersisa kurang dari harga kode trx yang akan dilakukan sesudahnya.

Misal: GO-0123 ada proses trx antrian IM10 senilai 9.800 sedangkan saldo GO-0123 sebelum trx IM10 tsb dilakukan adalah 15.000. Kemudian GO-0123 mengulangi trx IM10 tersebut untuk lebih meyakinkan diri. Maka sistem akan memberikan jawaban sbb:
Yth.Suma (GO-0123) Trx IM10.08561234567 Gagal. Saldo Anda tidak cukup. Saldo Antrian: 9.800. Biaya:0 Saldo:15.000

Mohon diperhatikan disini, trx yang dinyatakan GAGAL adalah semua transaksi yang akan dilakukan oleh GO-0123 selama Saldo yang sesungguhnya kurang dari HPP kode.
  

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More