Custom Domain di Blogspot

Bagi anda yang sudah mempunyai blog di blogger dengan nama Name.Blogspot.com dan ingin mengubahnya ke dalaman domain berbayar www.Name.com dapat melakukan protokol di bawah ini:

1. Pastikan domain berbayar yang anda beli mempunya DNS managemen atau tidak.

Jika ada fasilitas DNS managemen, cukup masuk ke sistem admin Domain, cari DNS managemen. Langkah pertama adalah setting server ke default server dengan autodefault. Menu autodefault server setting biasanya terdapat pada bagian awal domain (tergantung dari penyedia domain anda). Berikutnya, pada DNS managemen cari menu Cname Records. Masukkan name www dan value ghs.google.com pada kotak-kotak yang tersedia. Langkah berikutnya entri A record dengan IP blogspot google, masuk ke A Records, dan hanya masukkan IP  216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, dan 216.239.38.21. Ingat IP dimasukkan satu persatu dan jangan merubah atau mengisi form yang lain.

Selanjutnya cari menu domain forwarding dan masukkan url blogspot anda sebagai tujuan, misal http://Name.blogspot.com. Setting DNS telah selesai dan tinggal melakukan prosedur custom domain di halaman admin blogspot.

Jika domain anda tidak memiliki DNS managemen, maka domain harus didaftarkan ke server hosting dengan DNS managemen. Misalnya yang gratisan adalah di www.dnspark.net. Daftar dulu sebagai member di situs tersebut, setelah sukses terdaftar baru domain bisa didaftarkan. Dari acount login, masukkan id dan pasword yang telah didaftar. Anda akan dibawa ke halaman utama. Cari menu DNS Hosting dan klik Add Domain. Centang kotak base DNS Hosting (tersedia 2 domain yang boleh didaftarkan dengan gratis), masukkan domain anda, misalnya Name.com dan Add now. Tunggu beberapa saat, kemudian klik lagi menu DNS Hosting, jika sukses akan terlihat nama domain anda dalam kotak terdaftar dengan status Dormant (belum berfungsi). Selanjutnya, klik edit domain anda dalam kotak dengan klik domain tersebut. Akan terlihat 2 baris kotak, baris pertama berisi nama server yang nantinya harus anda tambahkan ke server domain di domain admin, yaitu fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net, catat kedua server tersebut. Baris berikutnyalah yang harus anda edit, pada type masukkan Cname, Alias name masukkan www, dan destination name masukkan ghs.google.com kemudian update all. Jika sukses, hasil akan terpampang di baris paling atas. Berikutnya memasukkan IP blogspot google ke dalam A records. Pada kotak Type pilih A, hostname isi www, dan masukkan satu persatu IP adress  216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21, dan 216.239.38.21.

Langkah berikutnya adalah menuju sistem admin domain, login dan masukkan fns1.dnspark.net dan fns2.dnspark.net sebagai server domain anda. Seeting DNS telah selesai.

2. Custom domain di Blogger
Masuk ke acount blogger anda, masuk settings dan kemudian publishing. Anda sekarang di halaman publising blogger. Ganti domain yang sekarang (www.Name.blogspot.com) dengan klik switch to custom domain, kemudian klik switch to advance setting dan masukkan domain berbayar anda dengan lengkap, misal www.Name.com. Klik save setting dan jika sukses blogger akan memberi tahu bahwa domain anda telah siap untuk digunakan (Congratulations, your blog is ready!) 

Tunngu maksimal samapai 48 jam agar domain www.Name.com Anda bisa berfungsi dengan benar karena butuh waktu server dan hosting untuk resolve. sebagai catatan, bagi anda yang ingin mempunyai domain berbayar kami sarankan membeli domain yang sudah mempunyai dns managemen karena harga cuma beda tak kurang dari 5.000 saja dan tentu setingan bisa lebih gampang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More