Template untuk blog

Pekerjaan pertama yang harus dilakukan ketika membuat blog adalah memilih template blog yang sesuai dengan tema kita. Keterkaitan antara tema dan template sangat penting mengingat template bisa menguatkan atau melemahkan tema yang ingin kita angkat. Jika blog bertema tentang bisnis, ada baiknya kita mencarikan template yang bisnis juga, jika tema entertainment tentu template yang untuk entertainment lebih mendukung.

Blogger sebagai sarana membuat blog sebenarnya sudah menyiapkan beberapa template standart untuk digunakan. Akan tetapi, template masih sangat mentah dan kurang enak dilihat mata, terlalu simple. Bagi yang punya kemampuan untuk mengedit template, tentu tidak menjadi soal. Akan tetapi, bagi yang masih awam dan buta bahasa html tentu akan lebih memilih template yang sudah siap dan tinggal edit sedikit saja sesuai dengan keinginan.

Template yang sudah siap pakai dan tinggal edit sedikit bisa didapat di banyak situs penyedia template gratis untuk blog. Untuk alamat link-nya bisa didapat di mesin pencari Google dengan mengetik kata kunci 'free blogger template'. Setelah link didapatkan dan template didownload, anda akan mendapat file berjenis XML. Langkah selanjutnya adalah memasukkan file ke dalam blog di edit html.

Cara memasukkan template hasil download adalah sebagai berikut ini. Pertama-tama login ke account blogger anda. Masuk dashboard dan klik layout di blog yang ingin dimasukkan template baru. Pada layout cari edit html dan klik. Anda akan masuk halaman edit html. Untuk langkah aman simpan dulu template yang lama dengan klik download full template. Beri nama dan jangan lupa mengingatnya. File simpanan ini penting untuk database anda buat jaga-jaga jika template yang baru tidak optimal, sehingga hasil pekerjaan anda bisa kembali ke sedia awal jika edit gagal, tentu dengan upload file yang disimpan tadi.

Langkah selanjutnya adalah upload file hasil download anda tadi. Klik browse, masukkan file XML tadi dan klik upload. Tunggu beberapa saat, dan klik preview untuk melihat gambaran template baru blog anda. Jika sesuai dengan keinginan segera save. Anda telah menggunakan template baru sekarang.

Langkah selanjutnya adalah edit html template baru sesuai dengan keinginan anda. Edit sesuka hati, jangan lupa centang kotak expand widget template sebelum mengedit. Jika anda kurang tahu bahasa html jangan takut untuk mencoba. Save dulu template baru ini dengan download full template, kemudian edit sesuka hati, jika ada kesalahan anda bisa upload file dowload full template itu. Guru terbaik adalah pengalaman. Jangan takut mencoba, terlalu sering belajar itu justru dari kesalahan-kesalahan yang kita buat. Selamat mencoba dan belajar.

0 Komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More